بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على سيدنا محمد و على سيدنا محمد
Kisi Kisi OSN IPA SD
Assalamua'alaikum calon-calon pejuang Olimpiade OSN
Semoga Allah memberikan keberkahan dan keberhasilan untuk ananda sekalian, silahkan kisi-kisi dipelajari untuk persiapan OSN.
Berikut adalah poin utama kisi-kisi OSN IPA SD. (Versi lengkap: https://drive.google.com/file/d/1CmGBztH6N276lj1ys825TnLo3mdvu759/view?usp=drivesdk )
1. Siswa mampu memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
2. Siswa mampu Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3. Siswa mampu Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4. Siswa mampu Menganalisis hubungan antara Bentuk dan fungsi bagian Tubuh pada hewan dan Tumbuhan
5. Siswa mampu Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
6. Siswa mampu Menganalisis hubungan antara Bentuk dan fungsi bagian tubuh Pada hewan dan tumbuhan
7. Siswa mampu Menghubungkan gaya dengan Gerak pada peristiwa di Lingkungan sekitar
8. Siswa mampu menerapkan sifat-sifat bunyi dan Keterkaitannya dengan indra Pendengaran
9. Siswa mampu Menerapkan sifat-sifat cahaya Dan keterkaitannya dengan indra Penglihatan
10. Siswa mampu Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
11. Siswa mampu Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
12. Siswa mampu Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
13. Siswa mampu Menjelaskan alat gerak dan Fungsinya pada hewan dan manusia Serta cara memelihara kesehatan Alat gerak manusia
14. Siswa mampu menjelaskan organ pernapasan dan Fungsinya pada hewan dan manusia, Serta cara memelihara kesehatan Organ pernapasan manusia
15. Siswa mampu Menjelaskan organ pencernaan dan Fungsinya pada hewan dan manusia Serta cara memelihara kesehatan Organ pencernaan manusia
16. Siswa mampu Menjelaskan organ peredaran darah Dan fungsinya pada hewan dan Manusia serta cara memelihara Kesehatan organ peredaran darah Manusia
17. Siswa mampu Membandingkan siklus hidup Beberapa jenis makhluk hidup Serta mengaitkan dengan upaya Pelestariannya
18. Siswa mampu Menjelaskan pentingnya upaya Keseimbangan dan pelestarian Sumber daya alam di Lingkungannya
19. Siswa mampu Menganalisis hubungan antar Komponen ekosistem dan Jaring-jaring makanan di Lingkungan sekitar
20. Siswa mampu Menganalisis siklus air dan Dampaknya pada peristiwa di Bumi serta kelangsungan Mahluk hidup
21. Siswa mampu Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
22. Siswa mampu Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
23. Siswa mampu Mengidentifikasi macammacam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
24. Siswa mampu Menghubungkan gaya dengan Gerak pada peristiwa di Lingkungan sekitar
25. Siswa mampu Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
26. Siswa mampu Mengelompokkan materi Dalam kehidupan sehari-hari Berdasarkan komponen Penyusunnya (zat tunggal Dan campuran)
27. Siswa mampu Mengidentifikasi macam-macam Gaya, antara lain: gaya otot, gaya Listrik, gaya magnet, gaya Gravitasi, dan gaya gesekan
28. Siswa mampu Mengidentifikasi berbagai Sumber energi, perubahan Bentuk energi, dan sumber Energi alternatif (angin, air, Matahari, panas bumi, bahan Bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari
29. Siswa mampu Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
30. Siswa mampu Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
31. Siswa mampu Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
32. Siswa mampu Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
33. Siswa mampu Menerapkan sifat-sifat Cahaya dan keterkaitannya Dengan indra penglihatan
34. Siswa mampu Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
35. Siswa mampu Menganalisis pengaruh kalor Terhadap perubahan suhu dan Wujud benda dalam kehidupan Sehari-hari
36. Siswa mampu Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
37. Siswa mampu Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
38. Siswa mampu Menerapkan konsep perpindahan Kalor dalam kehidupan sehari-hari
39. Siswa mampu Menganalisis pengaruh kalor Terhadap perubahan suhu dan Wujud benda dalam kehidupan Sehari-hari
40. Siswa mampu Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
41. Siswa mampu Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
42. Siswa mampu Menjelaskan peristiwa rotasi dan Revolusi bumi serta terjadinya Gerhana bulan dan gerhana Matahari
43. Siswa mampu Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
Semoga blog ini bermanfaat!
Semoga Allah memudahkan segala urusan dan memberikan balasan terbaik bagi kami, penyebar, pembaca dan semua yang terlibat dalam penulisan kisi-kisi soal ini 👐