بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل عل سيدنا محمد و على اله سيدنا محمد
KISI KISI SOAL SAS KELAS III
Kelas: III
Mata Pelajaran: PAI
Semester: Genap
Tahun Ajaran: 2024-2025
A. Pilihan Ganda
No. |
Materi Pelajaran |
Kompetensi Dasar
(Kurikulum 2013) |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Kunci Jawaban |
1 |
Ikhlas |
Memahami makna ikhlas dalam beribadah. |
Mengidentifikasi pengertian orang yang berbuat kebaikan karena Allah
tanpa mengharap balasan. |
Pilihan Ganda |
B |
2 |
Ikhlas |
Memahami makna ikhlas dalam beribadah. |
Mengidentifikasi perasaan orang yang ikhlas dalam melakukan kebaikan. |
Pilihan Ganda |
D |
3 |
Berdoa |
Memahami pentingnya berdoa kepada Allah. |
Menentukan alasan berdoa kepada Allah. |
Pilihan Ganda |
B |
4 |
Ikhlas |
Mengidentifikasi perilaku yang tidak menunjukkan keikhlasan. |
Mengidentifikasi perilaku yang tidak menunjukkan keikhlasan. |
Pilihan Ganda |
B |
5 |
Q.S. Al-Kausar |
Mengenal dan memahami Q.S. Al-Kausar. |
Mengetahui jumlah ayat dalam surat Al-Kausar. |
Pilihan Ganda |
B |
6 |
Q.S. Al-Kausar |
Mengenal dan memahami Q.S. Al-Kausar. |
Memahami arti dari kata "Al-Kausar". |
Pilihan Ganda |
C |
7 |
Q.S. Al-Kausar |
Memahami pesan pokok Q.S. Al-Kausar. |
Mengidentifikasi salah satu pesan dari Surat Al-Kausar. |
Pilihan Ganda |
C |
8 |
Q.S. Al-Kausar |
Memahami perintah dalam Q.S. Al-Kausar. |
Mengetahui perintah setelah menerima nikmat dalam surat Al-Kausar. |
Pilihan Ganda |
C |
9 |
Asmaul Husna (Al-'Alīm) |
Mengenal Asmaul Husna (Al-'Alīm). |
Memahami arti dari Al-'Alīm. |
Pilihan Ganda |
C |
10 |
Asmaul Husna (As-Samī') |
Mengenal Asmaul Husna
(As-Samī'). |
Mengidentifikasi nama Allah yang berarti Maha Mendengar. |
Pilihan Ganda |
B |
11 |
Asmaul Husna (Al-'Alīm) |
Mengimplementasikan keyakinan terhadap Asmaul Husna. |
Mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan karena Allah Maha Mengetahui. |
Pilihan Ganda |
D |
12 |
Asmaul Husna (As-Samī') |
Mengimplementasikan keyakinan terhadap Asmaul Husna. |
Memahami bahwa semua
ucapan didengar oleh Allah. |
Pilihan Ganda |
C |
13 |
Bersyukur |
Memahami pentingnya
bersyukur. |
Mengidentifikasi ucapan syukur yang diajarkan dalam Islam. |
Pilihan Ganda |
B |
14 |
Bersyukur |
Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang bersyukur. |
Mengidentifikasi salah satu tanda orang yang bersyukur. |
Pilihan Ganda |
B |
15 |
Bersyukur |
Memahami balasan bagi orang yang bersyukur. |
Mengetahui balasan Allah jika kita bersyukur. |
Pilihan Ganda |
B |
16 |
Kufur Nikmat |
Memahami pengertian
kufur nikmat. |
Mengidentifikasi sebutan bagi orang yang tidak bersyukur. |
Pilihan Ganda |
C |
17 |
Zikir |
Mengenal bacaan zikir setelah salat. |
Mengidentifikasi salah
satu bacaan zikir setelah salat. |
Pilihan Ganda |
B |
18 |
Zikir |
Memahami tujuan
berzikir. |
Menjelaskan tujuan berzikir setelah salat. |
Pilihan Ganda |
B |
19 |
Kisah Nabi Ibrahim a.s. |
Memahami kisah Nabi
Ibrahim a.s. |
Mengetahui ujian yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim. |
Pilihan Ganda |
C |
20 |
Kisah Nabi Ismail a.s. |
Memahami kisah Nabi
Ismail a.s. |
Mengidentifikasi sikap Nabi Ismail saat ayahnya menceritakan mimpi. |
Pilihan Ganda |
D |
B. Isian Singkat
No. |
Materi Pelajaran |
Kompetensi Dasar
(Kurikulum 2013) |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Kunci Jawaban |
1 |
Berdoa |
Memahami pentingnya berdoa dan bergantung hanya kepada Allah. |
Melengkapi kalimat tentang tujuan berdoa dan bergantung hanya kepada
Allah. |
Isian Singkat |
Pertolongan |
2 |
Q.S. Al-Kausar |
Memahami perintah dalam Q.S. Al-Kausar. |
Melengkapi perintah Allah dalam surat Al-Kausar selain salat. |
Isian Singkat |
Berkurban |
3 |
Asmaul Husna (As-Samī') |
Mengenal dan memahami
Asmaul Husna (As-Samī'). |
Melengkapi arti
As-Samī'. |
Isian Singkat |
Mendengar |
4 |
Bersyukur |
Mengimplementasikan
perilaku bersyukur. |
Melengkapi ucapan syukur yang benar ketika mendapatkan nikmat. |
Isian Singkat |
Alhamdulillah |
5 |
Kisah Nabi Ismail a.s. |
Meneladani sikap Nabi Ismail a.s. |
Melengkapi sifat Nabi Ismail sebagai anak yang taat. |
Isian Singkat |
Sabar |
C. Esai
No. |
Materi Pelajaran |
Kompetensi Dasar
(Kurikulum 2013) |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Kunci Jawaban |
1 |
Ikhlas |
Menjelaskan makna ikhlas dan memberikan contoh dalam kehidupan
sehari-hari. |
Menjelaskan pengertian ikhlas dan memberikan satu contoh sikap ikhlas. |
Esai |
Ikhlas adalah melakukan sesuatu hanya karena Allah tanpa mengharap
balasan atau pujian dari orang lain. Contoh: Menolong teman
yang jatuh tanpa berharap dia membalas kebaikan kita. |
2 |
Zikir |
Menuliskan bacaan zikir (tasbih, tahmid, takbir) dan maknanya. |
Menuliskan bacaan tasbih, tahmid, dan takbir serta maknanya. |
Esai |
Tasbih: Subhānallāh →
artinya: Maha Suci Allah. Tahmid:
Alhamdulillah → artinya: Segala puji bagi Allah. Takbir:
Allāhu akbar → artinya: Allah Maha Besar. |
3 |
Asmaul Husna (As-Samī'
dan Al-'Alīm) |
Memahami pentingnya meyakini Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. |
Menjelaskan alasan harus meyakini bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha
Mengetahui. |
Esai |
Karena dengan meyakini sifat Allah tersebut, kita akan selalu
berhati-hati dalam bertindak dan berkata. Kita juga menjadi lebih jujur,
tidak berkata kasar, dan selalu mengingat bahwa Allah mengetahui dan
mendengar semua yang kita lakukan. |
4 |
Bersyukur |
Menyebutkan cara-cara bersyukur kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. |
Menyebutkan tiga contoh cara bersyukur kepada Allah. |
Esai |
Mengucapkan alhamdulillah saat mendapat nikmat. Menggunakan nikmat
seperti waktu, tenaga, dan ilmu untuk berbuat baik. Membantu
orang lain yang sedang kesusahan. |
5 |
Kisah Nabi Ibrahim a.s.
dan Nabi Ismail a.s. |
Meneladani nilai-nilai
dari kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. |
Mengidentifikasi dan menjelaskan minimal dua nilai yang dapat diteladani
dari kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. |
Esai |
Dari kisah itu, saya
belajar untuk: Taat kepada perintah Allah walaupun sulit. Sabar dan ikhlas seperti Nabi Ismail saat diperintahkan
untuk disembelih. Kisah itu mengajarkan arti pengorbanan, keimanan, dan
kepatuhan. |
Semoga blog ini bermanfaat!